Hak-Hak Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam Yang Wajib Kita Tunaikan
Hak-Hak Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam Yang Wajib
Kita Tunaikan
Al-Ustadz Ruwaifi bin Sulaimi hafizhahullah
Hidup di dunia tentu bukan untuk sesuatu
yang sia-sia. Dalam konsep Islam, hidup di dunia tiada lain untuk beribadah
kepada Allah Subhanahu wata’ala semata. Itulah hakikat misi
penciptaan manusia dan jin di muka bumi ini. Allah Subhanahu
wata’ala berfirman,
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepada-Ku.” (adzDzariyat: 56)
Misi penciptaan yang merupakan amanat berat
itu telah disanggupi oleh manusia, padahal makhluk-makhluk besar semisal
langit, bumi, dan gunung-gunung tak menyanggupinya, sebagaimana yang
Allah Subhanahu wata’ala sebutkan dalam surat al-Ahzab: 72. Sesungguhnya manusia itu
amat zalim dan amat bodoh.
Amanat berat itu akhirnya berada di
pundak setiap insan. Allah Subhanahu wata’ala Rabb alam semesta,
menjadikannya sebagai ujian. Dengannya akan diketahui siapa di antara
mereka yang terbaik amalannya. Allah Subhanahu
wata’ala berfirman,
الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ“(Dialah Allah) yang telah menciptakan kematian dan kehidupan demi menguji siapakah di antara kalian yang terbaik amalannya, dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (al-Mulk: 2)
Ujian itu amat berat, sedangkan tabiat
dasar manusia amat zalim dan amat bodoh. Dengan kasih sayang-Nya yang
sangat luas, Allah Subhanahu wata’ala mengutus orang-orang pilihan
(para nabi) sebagai pemberi peringatan bagi yang lalai dari amanat berat itu;
sekaligus pemberi kabar gembira bagi yang menjalankannya dengan baik.
Allah Subhanahu wata’alasertakan pula kitab suci sebagai pedoman
hidup bagi mereka. Allah Subhanahu wata’ala berfirman,
كَانَ النَّاسُ أُمَّةً وَاحِدَةً فَبَعَثَ اللَّهُ النَّبِيِّينَ مُبَشِّرِينَ وَمُنذِرِينَ وَأَنزَلَ مَعَهُمُ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ لِيَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ فِيمَا اخْتَلَفُوا فِيهِ“Manusia itu adalah umat yang satu. (Setelah timbul perselisihan), Allah mengutus para nabi sebagai pemberi kabar gembira dan pemberi peringatan, dan Allah menurunkan bersama mereka kitab yang benar untuk memberi putusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan.” (alBaqarah: 213)
Semua nabi utusan Allah Subhanahu
wata’ala itu benar-benar telah menunaikan tugas yang mereka
emban. Tidaklah ada satu kebaikan yang mereka ketahui kecuali telah mereka
tunjukkan kepada umat kepada. Tidak ada pula satu kejelekan yang mereka
ketahui kecuali telah mereka peringatkan umat
darinya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
إِنَّهُ لَمْ يَكُنْ نَبِيٌّ قَبْلِي إِلَّا كَانَ حَقًّا عَلَيْهِ أَنْ يَدُلَّ أُمَّتَهُ عَلَى خَيْرِ مَا يَعْلَمُهُ لَهُمْ، وَيُنْذِرَهُمْ شَرَّ مَا يَعْلَمُهُ لَهُمْ“Sesungguhnya, tidak ada seorang nabi pun kecuali melainkan bersungguh-sungguh menunjuki umatnya kepada kebaikan yang diketahuinya, dan memperingatkan mereka dari kejelekan yang diketahuinya.” (HR. Muslim no. 1844, dari sahabat Abdullah bin Amr bin al-Ash radhiyallahu ‘anhuma)
Nabi Terbaik yang Diutus oleh Allah Subhanahu wata’ala di Muka Bumi
Di antara para nabi yang diutus oleh
Allah Subhanahu wata’ala adalah Nabi Muhammad Shallallahu
‘alaihi wasallam. Nabi terbaik yang diutus oleh Allah Subhanahu wata’ala di
muka bumi ini, sebagai rahmat bagi alam semesta. Allah Subhanahu
wata’ala berfirman,
وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِّلْعَالَمِينَ“Dan tidaklah Kami mengutusmu melainkan sebagai rahmat bagi alam semesta.” (al-Anbiya’: 107)
Beliau Shallallahu ‘alaihi
wasallam mempunyai keutamaan yang banyak. Berbagai keutamaan
yang tak dimiliki oleh para nabi sebelumnya pun
beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam sandang. Sabda
beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam,
أُعْطِيتُ خَمْسًا لَمْ يُعْطَهُنَّ أَحَدٌ قَبْلِي: نُصِرْتُ بِالرُّعْبِ مَسِيرَةَ شَهْرٍ، وَجُعِلَتْ لِي الأَرْضُ مَسْجِدًا وَطَهُورًا، فَأَيُّمَا رَجُلٍ مِنْ أُمَّتِي أَدْرَكَتْهُ الصَّلاَةُفَلْيُصَلِّ، وَأُحِلَّتْ لِي المَغَانِمُ وَلَمْ تَحِلَّحِألََدٍ قَبْلِي، وَأُعْطِيتُ الشَّفَاعَةَ، وَكَانَ النَّبِيُّ يُبْعَثُ إِلَى قَوْمِهِ خَاصَّةً وَبُعِثْتُ إِلَى النَّاسِعَامَّةً“Aku diberi lima karunia yang belum pernah diberikan kepada seorang (nabi) pun sebelumku: (1) aku diberi kemenangan dengan ditimpakan rasa gentar pada hati musuhku sebulan sebelum bertemu denganku; (2) dijadikan untukku bumi sebagai tempat shalat dan sarana bersuci sehingga siapa saja dari umatku yang mendapati waktu shalat hendaknya mengerjakannya di mana saja; (3) dihalalkan bagiku harta pampasan perang yang tidak dihalalkan bagi siapa pun sebelumku; (4) aku diizinkan memberi syafaat (untuk segenap manusia di hari kiamat); (5) dan sungguh tiap-tiap nabi diutus khusus kepada kaumnya, sedangkan aku diutus untuk seluruh manusia.”(HR. al-Bukhari no. 335,dan Muslim no. 521, dari sahabat Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu)
Beliau Shallallahu `alaihi wa
sallam diutus oleh Allah Subhanahu wata’ala di akhir zaman,
memberi kabar gembira danmemberi peringatan, dengan membawa petunjuk dan
agama yang benar. Beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam menyeru manusia
ke jalan Allah Subhanahu wata’ala. Beliau menjadi pelita yang
menerangi dengan seizin-Nya. Allah Subhanahu
wata’ala menutup risalah kenabian dengan beliau Shallallahu
‘alaihi wasallam, menyelamatkan manusia dari kesesatan dan mengentaskan mereka dari
kebodohan.
Dengan risalah (Islam) yang beliau Shallallahu ‘alaihi
wasallam bawa, Allah Subhanahu wata’ala membuka mata-mata yang
buta, telinga-telinga yang tuli, dan jiwa-jiwa yang terkunci. Bumi
yang dipenuhi kegelapan pun menjadi bersinar dengan risalah
(Islam) yang beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam bawa itu.
Jiwa-jiwa yang bercerai-berai menjadi bersatu dengannya, keyakinan yang
bengkok menjadi lurus, dan jalan-jalan menjadi terang
bercahaya.
Allah Subhanahu wata’ala telah melapangkan
dada beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam, menurunkan beban
yang memberati beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam,
meninggikan sebutan (nama) beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam, dan
menjadikan kerendahan bagi siapa saja yang menyelisihi perintah
beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam.
Allah Subhanahu wata’ala mengutus
beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam ketika dunia lengang dari
rasul, kitab-kitab suci(yang murni) telah lenyap, syariat yang lurus telah
diselewengkan. Setiap kaum bersandar kepada pendapat mereka yang paling zalim,
bahkan menghukumi antara Allah Subhanahu wata’ala dan para hamba-Nya
dengan teori-teori yang rusak dan hawa nafsu.
Melalui
beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam, Allah Subhanahu
wata’ala menunjuki seluruh makhluk, menjelaskan
jalan kebenaran, mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju
cahaya yang terang benderang, menerangi kebodohan,
dan meluruskan penyimpangan yang ada di tengah-tengah
mereka. Allah Subhanahu wata’ala menjadikan
beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai pembagi surga dan
neraka (maksudnya, yang menaati beliau masuk ke dalam surga dan yang
menyelisihi beliau masuk ke dalam neraka,
-pen.).
Allah Subhanahu wata’ala juga menjadikan
beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai pembeda antara orang yang baik
dan orang yang jahat. Allah Subhanahu wata’ala menetapkan
bahwa petunjuk dan keberuntungan akan diraih dengan mengikuti
beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam, sedangkan kesesatan dan
kebinasaan dituai dengan menentang dan menyelisihi beliau Shallallahu
‘alaihi wasallam.
(Majmu’ Fatawa Syaikhul Islam
Ibnu Taimiyah 19/102—103) Allah Subhanahu wata’ala berfirman,
يَا أَهْلَ الْكِتَابِ قَدْ جَاءَكُمْ رَسُولُنَا يُبَيِّنُ لَكُمْ كَثِيرًا مِّمَّا كُنتُمْ تُخْفُونَ مِنَ الْكِتَابِ وَيَعْفُو عَن كَثِيرٍ ۚ قَدْ جَاءَكُم مِّنَ اللَّهِ نُورٌ وَكِتَابٌ مُّبِينٌ () يَهْدِي بِهِ اللَّهُ مَنِ اتَّبَعَ رِضْوَانَهُ سُبُلَ السَّلَامِ وَيُخْرِجُهُم مِّنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ بِإِذْنِهِ وَيَهْدِيهِمْ إِلَىٰ صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ“Hai Ahli Kitab, telah datang kepada kalian Rasul kami, menjelaskan kepada kalian banyak dari al-Kitab yang kalian sembunyikan dan banyak pula yang dibiarkannya. Sungguh, telah datang kepada kalian cahaya dari Allah (Nabi Muhammad) dan kitab yang menerangkan (al-Qur’an). Dengan kitabitulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya kepada jalan keselamatan. Dan(dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari kegelapan menuju cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.” (al-Maidah: 15-16)
Demikianlah Nabi Muhammad Shallallahu
‘alaihi wasallam, amanat ilahi telah beliau Shallallahu ‘alaihi
wasallam tunaikandengan sebaik-baiknya. Segenap nasihat telah
beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam sampaikan kepada
umat. Perjuangan menegakkan kalimat Allah l telah
beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam lakukan dengan sebenar-benar
perjuangan. Berbagaihalangan dan rintangan, beliau Shallallahu ‘alaihi
wasallam hadapi dengan penuh kesabaran. Betapa besarnya jasa
beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam kepada manusia. Sebesar itu
pula sesungguhnya hak-hak beliau Shallallahu ‘alaihi
wasallamyang wajib mereka tunaikan. Semakin kuat dalam menunaikan
hak-hak beliau, berarti semakin kuat pula dalam
merealisasikan syahadat, “Asyhadu anna Muhammadar rasulullah.”
Mengenal Hak-Hak Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam
Kata pepatah Arab, faqidusy syai’ la
yu’thihi. Artinya, seseorang yang tak punya sesuatu, tak mungkin
dapat memberikan sesuatu itu. Demikian pula dalam hal ini, seseorang
yang tidak mengenal hak-hak Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi
wasallam, tak mungkin dapat menunaikan
hak-hak beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam dengan
sebaik-baiknya.
Oleh karena itu, sangat penting bagi kita selaku umat
Muhammad Shallallahu `alaihi wa sallam untuk mengenal hak-hak beliau
Shallallahu `alaihi wa sallam agar dapat menunaikannya dengan baik
dan tepat. Bila dicermati lebih jauh, sesungguhnyaada di antara manusia
yang menunaikan hak-hak beliau Shallallahu `alaihi wa sallam namun
masih belum baik dan tepat.
Mereka adalah,
1. Orang yang bermudah-mudahan dalam
menunaikan hak beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam.
2. Orang yang berlebihan-lebihan dalam
menunaikan hak beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam, hingga memposisikan
beliau Shallallahu `alaihi wa sallam sejajar dengan Allah Subhanahu
wata’ala. Diberikan kepada beliau sanjungan rububiyah (kekuasaan ilahi) yang
sesungguhnya hanya milik Allah Subhanahu wata’ala semata.1
Adapun menunaikan hak-hak
beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam yang dinilai baik dan tepat
adalah manakala tidak keluar dari koridor “abdullah wa rasuluhu”, yakni posisi
beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam adalah sebagai hamba
Allah Subhanahu wata’ala dan utusan-Nya. Sebagai
hambaAllah Subhanahu wata’ala beliau tidak boleh
disejajarkan dengan Allah Subhanahu wata’ala. Demikian pula,
sebagai utusan-Nya, beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam harus
dimuliakan, ditaati, dan tidak boleh diselisihi.
Di antara hak-hak
beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam yang harus ditunaikan adalah
sebagai berikut.
1. Menaati segala yang diperintahkan oleh beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam
Menaati segala yang diperintahkan oleh
beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam menjadi hak
beliau Shallallahu ‘alaihi wasallamyang terbesar. Ia adalah amalan
mulia yang diperintahkan oleh Allah Subhanahu
wata’ala pada banyak ayat. Bahkan, ketaatan
kepada beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam merupakan realisasi
ketaatan kepada Allah Subhanahu wata’ala. AllahSubhanahu
wata’ala berfirman,
مَّن يُطِعِ الرَّسُولَ فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ
“Barang siapa menaati Rasul, sungguh dia
telah menaati Allah.” (an- Nisa’: 80)
Menaati beliau Shallallahu ‘alaihi
wasallam akan mengantarkan kepada kesuksesan yang besar.
Allah Subhanahu wata’alaberfirman,
وَمَن يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ
فَوْزًا عَظِيمًا
“Barang siapa menaati Allah dan Rasul-Nya,
sungguh ia telah meraih sukses yang besar.” (al-Ahzab: 71)
Hidayah dan rahmat Allah Subhanahu
wata’ala pun akan diraih dengannya. Allah Subhanahu
wata’ala berfirman,
وَإِن تُطِيعُوهُ تَهْتَدُوا
“Jika kalian menaati beliau, niscaya kalian
akan mendapatkan petunjuk.” (an-Nur: 54)
وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
“Taatlah kepada Rasul, niscaya kalian
dirahmati.” (an-Nur: 56)
Dengannya pula kenikmatan surga akan
didapatkan. Allah Subhanahu wata’ala berfirman,
وَمَن يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ يُدْخِلْهُ
جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ وَذَٰلِكَ
الْفَوْزُ الْعَظِيمُ
“Barang siapa menaati Allah dan
Rasul-Nya, niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam surga-surga yang
mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal abadi di dalamnya.
Itulah kesuksesan yang besar.” (an-Nisa’: 13)
2. Membenarkan segala
yang dikabarkan oleh beliau Shallallahu
‘alaihi wasallam
Setiap muslim wajib membenarkan segala
yang dikabarkan oleh beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam, baik terkait
dengan masa lampau, yang sedang terjadi, maupun yang akan datang.
Kabar yang datang dari beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam pasti
benar, walaupun berlawanan dengan logika atau hawa
nafsu.3 Sebab, tidaklah beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam bertutur
kata kecuali berdasarkan wahyu Allah Subhanahu wata’ala.
Allah Subhanahu wata’ala berfirman,
وَمَا يَنطِقُ عَنِ الْهَوَىٰ () إِنْ هُوَ
إِلَّا وَحْيٌ يُوحَىٰ
“Tidaklah yang diucapkannya itu menurut
hawa nafsu. Tidak lain itu adalah wahyu yang diwahyukan
(kepadanya).” (an-Najm: 3—4)
Sebenarnya pula, logika yang sehat tidak
akan bertentangan dengan berita dari RasulullahShallallahu ‘alaihi
wasallam.
3. Menjauhkan diri dari segala yang dilarang oleh
beliau Shallallahu ‘alaihi
wasallam
Segala yang dilarang oleh
beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam pasti jelek dan mendatangkan
murka Allah Subhanahu wata’ala. Tak mengherankan
apabila Allah Subhanahu wata’ala berfirman,
وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا
نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانتَهُوا ۚ
“Segala yang dibawa oleh Rasul kepada
kalian maka ambillah, dan segala yang kalian dilarang darinya maka
tinggalkanlah!”(al-Hasyr: 7)
Maka dari itu, menjauhkan dari dari
segala yang dilarang oleh beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam adalah
jalan keselamatan di dunia dan di akhirat.
4. Tidak beribadah kepada Allah Subhanahu wata’ala kecuali dengan syariat
yang dibawa oleh beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam
Beribadah kepada Allah Subhanahu
wata’ala tidak boleh dilakukan semaunya. Sebab, ibadah ialah
munajat dan pendekatandiri (taqarrub) kepada Rabb alam semesta Subhanahu
wata’ala. Beribadah kepada Allah Subhanahu wata’ala harusdilakukan
dengan ikhlas karena-Nya. Demikian pula, ia harus dilakukan
sesuai dengan bimbingan dan syariat yang dibawa oleh Nabi
Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam. Barang siapa beribadah kepada
Allah Subhanahu wata’ala tidak sesuai dengan bimbingan
dan syariat yang dibawa oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi
wasallam, amalannya ditolak oleh AllahSubhanahu wata’ala. Rasulullah Shallallahu
‘alaihi wasallam bersabda,
. مَنْ عَمِلَ
عَمَ لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَ دّ
“Barang siapa melakukan sebuah amalan
(dalam agama ini) yang tidak ada perintahnya dari kami, ia
tertolak.” (HR. Muslimno. 1718, dari Ummul Mukminin
Aisyah radhiyallahu ‘anha)4
Empat hak di atas disebutkan oleh Syaikhul
Islam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah dalam kitab
beliau,Tsalatsatul Ushul, ketika menjelaskan konsekuensi
syahadat Muhammadar rasulullah.
5. Mengikuti jejak beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam dan menjadikan
beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai teladan dalam
segenap sendi kehidupan.
Allah Subhanahu wata’ala berfirman,
قُلْ إِن كُنتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ
فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَاللَّهُ
غَفُورٌ رَّحِيمٌ
“Katakanlah (Muhammad), ‘Jika kalian
mencintai Allah maka ikutilah aku, niscaya Allah akan mencintai
kalian dan mengampuni dosa-dosa kalian.’ Dan Allah Maha Pengampun
lagi Maha Penyayang.” (Ali Imran: 31)
لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ
حَسَنَةٌ
“Sungguh, telah ada pada
(diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagi kalian.” (al-Ahzab:
21)
6. Menjadikan
beliau Shallallahu ‘alaihi
wasallam sebagai pemutus dalam segala hal yang diperselisihkan
Allah Subhanahu wata’ala berfirman,
فَلَا وَرَبِّكَ لَا يُؤْمِنُونَ حَتَّىٰ
يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لَا يَجِدُوا فِي أَنفُسِهِمْ
حَرَجًا مِّمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
“Maka demi Rabb-mu, mereka tidak beriman
hingga menjadikan engkau (Muhammad) sebagai hakim dalam perkara yang
mereka perselisihkan, kemudian tidak ada rasa keberatan dalam hati
mereka terhadap putusan yang engkau berikan, dan mereka
menerima dengan sepenuhnya.” (an-Nisa’: 65)
7. Mencintai beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam melebihi kecintaan kepada
siapa pun
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi
wasallam bersabda,
لَا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى أَكُونَ
أَحَبَّ إِلَيْهِ مِنْ وَلَدِهِ وَوَالِدِهِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ
“Tidaklah salah seorang di antara kalian
beriman hingga aku menjadi yang lebih dia cintai daripada anaknya,
orang tuanya, dan manusia semuanya.” (HR. Muslim no.
70, dari sahabat Anas bin Malikradhiyallahu ‘anhu)
8. Membela dan tidak menyakiti beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam
Allah Subhanahu wata’ala berfirman,
وَالَّذِينَ يُؤْذُونَ رَسُولَ اللَّهِ لَهُمْ
عَذَابٌ أَلِيمٌ
“Dan orang-orang yang
menyakiti Rasulullah, bagi mereka azab yang pedih.” (at-Taubah:
61)
Akhir kata, demikianlah di antara hak-hak
Nabi Muhammad Shallallahu `alaihi wa sallam yang wajib kita tunaikan.
Menunaikan hak-hak beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam berarti
merealisasikan syahadat “Asyhadu anna Muhammadar rasulullah”. Lebih
dari itu, dengan menunaikan hakhak beliau Shallallahu ‘alaihi
wasallam akan diraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Semoga
taufik, hidayah, dan inayah Allah Subhanahu wata’ala senantiasa mengiringi kita, sehingga
dimudahkan dalam menunaikan hak-hak Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi
wasallam. Amin.
Sumber: Majalah Asy Syariah
0 komentar:
Posting Komentar